Blogger Widgets

Sering Terkena Amarah Konsumen? Ini dia 2 Trik untuk Menghadapinya

Sering Terkena Amarah Konsumen? Ini dia 2 Trik untuk Menghadapinya

BangFikri.com - Bukan hanya modal, berbagai kendala internal dan eksternal sering muncul ketika memutar roda bisnis. Ketidakpuasan pelanggan sering menjadi kendala yang signifikan, terutama jika keluhan tersebar di media sosial.

Mengutip halaman inc.com, Jumat (30/3/2018), pemilik A1 Garage, perbaikan pintu garasi dan perusahaan ternama, Tommy Mello mengaku tidak pernah mengabaikan keluhan pelanggan.

Bahkan ketika mengetahui ada pelanggan yang tidak puas dengan layanan tersebut, ia langsung membeli bunga dan voucher Starbuck sebagai permintaan maaf. Dia segera mengantarkan dirinya ke rumah pelanggan.

Pelanggan yang marah awalnya mengaku terkejut dan senang melihat tanggapan luar biasa dari pemilik bisnis.

Intinya, setiap bisnis harus menjadikan layanan pelanggan sebagai prioritas. Ingat, konsumen adalah raja. Jadi, jika Anda ingin membangun bisnis yang hebat, berikut dua hal sederhana namun efektif yang dapat dilakukan dengan segera:

1. Cepat Tanggap untuk Respon Negatif

Setiap pengusaha pasti telah membuat kesalahan pada pelanggan. Tetapi selama Anda dapat dengan cepat menunjukkan pemahaman tentang kekecewaan konsumen, itu sudah cukup untuk menunjukkan tanggung jawab Anda.

Apalagi jika Anda berjanji untuk meningkatkan atau memberikan layanan yang lebih baik. Konsumen akan memahami kesalahan dan cepat memaafkan Anda.

Dalam menghadapi keluhan konsumen segera menghubungi dan memberikan solusi terbaik untuk dapat menenangkan kemarahan konsumen. Ingat, lebih cepat lebih baik, sebelum pelanggan Anda mencurahkan keluhan dan ketidakpuasan mereka di media sosial.

2. Tetap Ramah kepada Pelanggan

Kesan pertama sangat penting. Tunjukkan bahwa Anda adalah penjual yang profesional dan dapat dipercaya. Gunakan bahasa formal tetapi ramah saat merespons tanggapan negatif dari konsumen.

Jika Anda ingin membangun bisnis dan bertahan lama, Anda harus mampu mengubah ketidakpuasan pelanggan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Fokus untuk memberikan layanan terbaik.

Memenangkan hati pelanggan tidak akan mendatangkan keuntungan besar dalam semalam. Tetapi itu dapat membuat bisnis Anda tetap berjalan dalam jangka panjang.

Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.

No comments:

Post a Comment