Blogger Widgets

6 Tips Sukses dari Bisnis Barbershop

6 Tips Sukses dari Bisnis Barbershop

BangFikri.com - Bisnis barbershop adalah salah satu bisnis yang lebih ramai dan ramai akhir-akhir ini. Bisnis yang satu ini ternyata memiliki prospek yang bagus karena walaupun terlihat biasa ternyata menghasilkan manfaat yang memuaskan.

Pengembangan bisnis barbershop berbanding lurus dengan peningkatan selera fashion pria. Oleh karena itu, bisnis yang satu ini dapat menjadi kekuatan pendorong Anda untuk memulai bisnis.

Namun, ternyata memulai bisnis ini membutuhkan persiapan yang baik serta keterampilan yang baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai bisnis barbershop, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Temukan Tukang Cukur yang Berpengalaman

Setiap pangkas membutuhkan tukang cukur yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Padahal, kesuksesan bisnis ini tergantung pada keterampilan dan juga pengalaman tukang cukur yang Anda rekrut.

Seorang tukang cukur yang baik harus menguasai keterampilan model potongan rambut saat ini sehingga dapat menarik pelanggan untuk selalu setia berkunjung.


Tidak hanya itu, tukang cukur juga harus ramah dan sopan ketika berinteraksi dengan pelanggan.

2. Dapatkan Lokasi yang Dipenuhi Banyak Orang

Dalam dunia bisnis, pemilihan lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan pemasaran suatu bisnis. Jadi, semakin strategis lokasi yang Anda pilih untuk berbisnis, semakin tinggi penjualan yang dilakukan dan sebaliknya.

Jika Anda mendapatkan lokasi yang tidak strategis, akan kurang bagus untuk kelangsungan bisnis di masa depan. Karena itu, sebelum memulai bisnis, tentukan lokasi tempat paling strategis atau ramai oleh banyak orang.

3. Ciptakan Suasana yang Membuat Konsumen Nyaman

Kenyamanan pangkas adalah penting. Karena ketika pelanggan datang berkunjung, tentu saja akan ada proses mereka menunggu giliran untuk mencukur rambutnya.

Oleh karena itu, sediakan mereka dengan fasilitas kenyamanan untuk menunggu, seperti kursi tunggu yang nyaman, AC, TV, radio atau MP3 player, majalah, koran atau buku, dan jangan lupa air mineral.

4. Tawarkan Paket Pilihan Lebih dari Hanya Mencukur

Beberapa pelanggan yang datang mengunjungi salon Anda tidak hanya ingin mencukur rambut mereka. Karena itu, cobalah membuka layanan khusus lainnya seperti creambath, pewarnaan rambut, kumis dan jenggot cukur, atau bahkan pijat.

Jadi, jika Anda ingin membuka bisnis barbershop dengan tema yang berbeda dari yang lain, Anda dapat memberikan layanan khusus tersebut sesuai dengan keinginan setiap pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan paket yang dianggap lebih murah jika permintaan banyak orang.

5. Selalu Ikuti Tren

Cara yang ampuh untuk mulai mengembangkan bisnis barbershop terbaru adalah mengikuti tren gaya rambut kontemporer. Tentu saja ini adalah poin plus dan perbedaan antara pangkas rambut dan potongan rambut biasa. Sebagai seorang pengusaha di bidang ini, Anda harus terus mengamati tren gaya rambut saat ini agar tidak ketinggalan zaman.

Apalagi jika target konsumen Anda adalah kalangan kalangan muda yang pasti suka mengikuti tren mode dan gaya rambut. Nah, dengan cara itu, pelanggan akan senang untuk meminta layanan Anda kapan pun mereka membutuhkannya.

6. Berikan Lebih Banyak Layanan dan Promo

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menarik pelanggan mengunjungi salon Anda. Gunakan sistem menarik yang masih jarang digunakan, sistem pemesanan.

Sistem pemesanan ini memiliki kelebihan, yaitu pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mencukur rambut mereka karena sudah dijadwalkan.

Selain itu, Anda juga dapat menawarkan sistem kupon kepada pelanggan yang telah mengunjungi lebih dari tiga kali ke pangkas rambut Anda. Sistem kupon ini dapat memberikan diskon atau bahkan potongan rambut gratis.

Mengapa Pengusaha Harus Berani Berbeda?

Langkah-langkah dalam memulai bisnis barbershop di atas dapat Anda lakukan. Bisa dengan menerapkan beberapa langkah ini, Anda bisa memiliki bisnis barbershop yang memberi keuntungan seperti yang diharapkan.

Selain itu, cobalah menjadi pebisnis yang unik dan berbeda dari orang lain di bidang pangkas rambut ini. Terapkan inovasi baru yang langka atau bahkan belum pernah ada sebelumnya bagi calon pelanggan untuk merasa ingin tahu dan tertarik dalam mencoba layanan Anda. Semoga berhasil!

Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.

No comments:

Post a Comment