Blogger Widgets

Harus Kamu Ketahui, 3 Cara Menulis Bagian Keuangan dari Rencana Bisnis

Harus Kamu Ketahui, 3 Cara Menulis Bagian Keuangan dari Rencana Bisnis

BangFikri.com - Sebagai pemilik bisnis baru, salah satu langkah pertama yang akan Anda ambil dalam meluncurkan bisnis baru Anda adalah membuat rencana bisnis.

Ini tidak hanya akan mengatur bisnis Anda untuk kesuksesan masa depan, tetapi jika Anda mencari pendanaan, memiliki rencana bisnis yang kuat, membantu investor, dan pemberi pinjaman melihat visi Anda sejelas yang Anda lakukan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menulis bagian keuangan dari rencana bisnis yang dapat Anda tiru, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Kiat untuk menulis bagian keuangan

Jika Anda belum pernah menulis bagian keuangan dari rencana bisnis, atau rencana bisnis sama sekali dalam hal ini, tips ini sangat membantu. Berikut ini empat kiat yang disarankan:

- Ikuti prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP). Sebagai aturan, bagian keuangan dari rencana Anda harus mengikuti ini sebagaimana ditentukan oleh Dewan Penasihat Standar Akuntansi Federal, terutama jika Anda menempatkan mereka bersama untuk pinjaman atau jalur kredit.

- Lancar dalam spreadsheet. Spreadsheets adalah cara terbaik dan paling diterima untuk menyajikan informasi keuangan.

- Cari bantuan dari luar. Dapatkan saran dari perencana keuangan atau akuntan, Anda dapat membantu mengumpulkan data dan menyajikannya dengan benar.

- Lihat template. Jika Anda ingin mencoba menulis bagian keuangan Anda sendiri, ada banyak sumber informasi di luar sana mengenai template.

2. Informasi yang diperlukan

Setiap bagian dari rencana bisnis memiliki seperangkat informasi terkait yang diperlukan dan bagian keuangan tidak berbeda. Ada dua bagian untuk komponen keuangan dari rencana bisnis, yaitu data historis dan data prospektif.

Data historis termasuk barang-barang seperti neraca Anda, laporan arus kas, pengembalian pajak, dan modal, sementara data prospektif mencakup rincian seperti proyeksi laporan laba rugi yang akan membantu pemberi pinjaman dan investor memahami bagaimana Anda ingin menginvestasikan uang mereka.

3. Berbicara tentang detail, berapa banyak yang Anda butuhkan?

Seperti halnya upaya profesional, perhatian terhadap detail dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Keuangan adalah tulang punggung bisnis, jadi ketika menulis bagian keuangan dari rencana bisnis Anda, penting untuk teliti.

Terlepas dari informasi bisnis Anda, disarankan untuk membuat bagian dari rencana bisnis Anda termasuk riwayat kredit Anda atau salinan pernyataan kartu kredit terbaru Anda, bersama dengan salinan pengembalian pajak Anda dan informasi keuangan lainnya yang mungkin diperlukan oleh pemberi pinjaman .

Tempatkan diri Anda di posisi investor potensial. Pikirkan tentang informasi yang Anda inginkan serta aspek spesifik dari keuangan peminjam yang ingin Anda selesaikan sebelum menginvestasikan uang Anda dalam bisnis. Bagian keuangan dari rencana bisnis dimaksudkan untuk melengkapi permintaan pendanaan Anda.

Ini adalah tempat Anda mendukung angka-angka yang Anda satukan dalam penjualan dan rencana pemasaran Anda dan menunjukkan mengapa Anda adalah investasi yang bagus.

Di bagian ini, Anda akan mengambil semua informasi pemasaran, penjualan, dan produk yang telah Anda kumpulkan, jangan lupa letakkan di spreadsheet Anda.

Semoga bermanfaat.
Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.

No comments:

Post a Comment