Blogger Widgets

40 Ide Dasar Mengenai Pemasaran


Fikri Blog - Ini dia 40 Ide Dasar Pemasaran yang perlu anda ketahui :




  1. Tiada hari tanpa kegiatan pemasaran.
  2. Tentukan persentase tertentu dari gross income yang harus dikeluarkan untuk biaya pemasaran setiap tahunnya.
  3. Tentukan tujuan yang spesifik setiap tahun. Evaluasi dan sesuaikan setiap tiga bulan.
  4. Selalu catat setiap ide baru mengenai pemasaran.
  5. Jangan lupa selalu membawa kartu nama (business card) setiap hari.
  6. Selalu gunakan logo perusahaan pada semua kesempatan, misalnya pada kartu nama, notes, tas, pulpen dan sebagainya.
  7. Tentukan target market secara spesifik
  8. Pertahankan selalu target market dan pelajari apa yang mempengaruhi target market, produk, dan strategi promosi.
  9. Pelajari hasil-hasil penelitian mengenai riset pemasaran produk yang anda geluti, kelompok industri, produk yang anda jual, serta target market produk anda.
  10. Pelajari iklan yang dikeluarkan oleh pesaing utama, terutama mengenai strategi, penampilan produk, manfaat produk dan sebagainya.
  11. Tanyakan kepada pelanggan anda, mengapa mereka menggunakan produk yang anda jual, apa kelebihannya serta apa kelemahan produk yang anda miliki, serta bagaimana saran penyempurnaan menurut mereka.
  12. Selalu pelajari mengapa pelanggan tidak menggunakan produk anda lagi.
  13. Cari pasar baru.
  14. Bergabunglah dengan asosiasi yang sejenis. Minimal bergabung melalui internet dengan menggunakan e-mail list.
  15. Bergabunglah dengan usenet newsgroup atau daftar konsumen yang menggunakan produk sejenis dan sesuai dengan target market anda.
  16. Lakukan pengembangan produk.
  17. Ciptakan bentuk pelayanan baru, teknik baru, atau produk baru.
  18. Tawarkan variasi bentuk yang lebih sederhana, lebih murah, lebih kecil daripada produk yang telah anda buat.
  19. Tawarkan variasi bentuk yang lebih menarik, lebih mahal, lebih cepat, lebih besar daripada produk yang anda buat.
  20. Selalu sempurnakan bentuk pelayanan yang anda berikan kepada pelanggan.
  21. Lakukan kegiatan pemasaran, public relations, publikasi.
  22. Lakukan kegiatan diskusi, saling tukar informasi dengan para produsen sejenis dan team kerja pelanggan mengenai produk yang anda hasilkan.
  23. Sediakan kotak saran yang dapat diisi oleh semua karyawan.
  24. Selalu hadiri seminar, pelatihan mengenai pemasaran serta pameran-pameran peluncuran produk baru.
  25. Selalu baca buku-buku mengenai pemasaran.
  26. Selalu berlangganan majalah, jurnal mengenai pemasaran.
  27. Daftarkan produk atau perusahaan anda ke dalam marketing list-serve di internet.
  28. Daftarkan produk atau perusahaan anda ke dalam marketing usenet newsgroup di internet.
  29. Lakukan pelatihan kepada karyawan, pelanggan, maupun pemakai produk anda.
  30. Selalu lakukan pertemuan dengan karyawan atau asosiasi untuk mendiskusikan mengenai strategi, status, serta rencana-rencana pemasaran.
  31. Bergabunglah dengan asosiasi-asosiasi sejenis.
  32. Lakukan kegiatan-kegiatan pemasaran secara internal melalui diskusi dengan sesama karyawan, brain storming, dan sebagainya, sehingga dapat memperoleh ide-ide pemasaran yang baik.
  33. Buatlah kegiatan-kegiatan kecil, seperti kartu nama, logo perusahaan, dan sebagainya untuk kegiatan pemasaran. Caranya dengan melaukan kerjasama dengan desainer, penulis marketing, dan sebagainya.
  34. Kerjasamalah dengan konsultan pemasaran untuk mengamati kegiatan pemasaran produk anda di daerah-daerah.
  35. Analisis struktur pembayaran, lakukan modifikasi dan penyesuaian.
  36. Sediakan cara pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
  37. Berikan diskon atau potongan harga secara reguler kepada pelanggan.
  38. Pelajari sistem pertukaran barang (barter), tawarkan harga diskon bagi anggota kelompok tertentu, misalnya kelompok organisasi politik, sosial, pendidikan, dan sebagainya.
  39. Berikan diskon khusus bagi yang membayar secara cepat dan tunai.
  40. Tawarkan rencana pembayaran dengan uang muka.


Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.