Fikri Blog - Ini dia 40 Ide Dasar Pemasaran yang perlu anda ketahui :
- Tiada hari tanpa kegiatan pemasaran.
- Tentukan persentase tertentu dari gross income yang harus dikeluarkan untuk biaya pemasaran setiap tahunnya.
- Tentukan tujuan yang spesifik setiap tahun. Evaluasi dan sesuaikan setiap tiga bulan.
- Selalu catat setiap ide baru mengenai pemasaran.
- Jangan lupa selalu membawa kartu nama (business card) setiap hari.
- Selalu gunakan logo perusahaan pada semua kesempatan, misalnya pada kartu nama, notes, tas, pulpen dan sebagainya.
- Tentukan target market secara spesifik
- Pertahankan selalu target market dan pelajari apa yang mempengaruhi target market, produk, dan strategi promosi.
- Pelajari hasil-hasil penelitian mengenai riset pemasaran produk yang anda geluti, kelompok industri, produk yang anda jual, serta target market produk anda.
- Pelajari iklan yang dikeluarkan oleh pesaing utama, terutama mengenai strategi, penampilan produk, manfaat produk dan sebagainya.
- Tanyakan kepada pelanggan anda, mengapa mereka menggunakan produk yang anda jual, apa kelebihannya serta apa kelemahan produk yang anda miliki, serta bagaimana saran penyempurnaan menurut mereka.
- Selalu pelajari mengapa pelanggan tidak menggunakan produk anda lagi.
- Cari pasar baru.
- Bergabunglah dengan asosiasi yang sejenis. Minimal bergabung melalui internet dengan menggunakan e-mail list.
- Bergabunglah dengan usenet newsgroup atau daftar konsumen yang menggunakan produk sejenis dan sesuai dengan target market anda.
- Lakukan pengembangan produk.
- Ciptakan bentuk pelayanan baru, teknik baru, atau produk baru.
- Tawarkan variasi bentuk yang lebih sederhana, lebih murah, lebih kecil daripada produk yang telah anda buat.
- Tawarkan variasi bentuk yang lebih menarik, lebih mahal, lebih cepat, lebih besar daripada produk yang anda buat.
- Selalu sempurnakan bentuk pelayanan yang anda berikan kepada pelanggan.
- Lakukan kegiatan pemasaran, public relations, publikasi.
- Lakukan kegiatan diskusi, saling tukar informasi dengan para produsen sejenis dan team kerja pelanggan mengenai produk yang anda hasilkan.
- Sediakan kotak saran yang dapat diisi oleh semua karyawan.
- Selalu hadiri seminar, pelatihan mengenai pemasaran serta pameran-pameran peluncuran produk baru.
- Selalu baca buku-buku mengenai pemasaran.
- Selalu berlangganan majalah, jurnal mengenai pemasaran.
- Daftarkan produk atau perusahaan anda ke dalam marketing list-serve di internet.
- Daftarkan produk atau perusahaan anda ke dalam marketing usenet newsgroup di internet.
- Lakukan pelatihan kepada karyawan, pelanggan, maupun pemakai produk anda.
- Selalu lakukan pertemuan dengan karyawan atau asosiasi untuk mendiskusikan mengenai strategi, status, serta rencana-rencana pemasaran.
- Bergabunglah dengan asosiasi-asosiasi sejenis.
- Lakukan kegiatan-kegiatan pemasaran secara internal melalui diskusi dengan sesama karyawan, brain storming, dan sebagainya, sehingga dapat memperoleh ide-ide pemasaran yang baik.
- Buatlah kegiatan-kegiatan kecil, seperti kartu nama, logo perusahaan, dan sebagainya untuk kegiatan pemasaran. Caranya dengan melaukan kerjasama dengan desainer, penulis marketing, dan sebagainya.
- Kerjasamalah dengan konsultan pemasaran untuk mengamati kegiatan pemasaran produk anda di daerah-daerah.
- Analisis struktur pembayaran, lakukan modifikasi dan penyesuaian.
- Sediakan cara pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
- Berikan diskon atau potongan harga secara reguler kepada pelanggan.
- Pelajari sistem pertukaran barang (barter), tawarkan harga diskon bagi anggota kelompok tertentu, misalnya kelompok organisasi politik, sosial, pendidikan, dan sebagainya.
- Berikan diskon khusus bagi yang membayar secara cepat dan tunai.
- Tawarkan rencana pembayaran dengan uang muka.